Cara-cara menghilangkan getar pada CVT Vespa

Salah satu masalah utama pada Vespa modern yang dirasakan oleh penggunanya ialah getaran pada CVT yang terasa cukup keras jika dibanding dengan sepeda motor matic lain. Ada 3 penyebab utama masalah in, Mari Kita bahas satu per satu.

Alasan pertama sebenarnya disebabkan oleh mesin 155cc milik Vespa yang lebih besar dari kebanyakan sepeda motor matic lain yang berbedar di Indonesia, sehingga menghasilakan tenaga yang lebih besar dan akibatnya tentu getaran yang lebih keras. Kalau mau bukti coba saja testride Sepeda Motor Matic Jepang yang memiliki ukuran mesin sama (155cc).

Selain itu, CVT pada Vespa modern juga mengusung konsep terbuka untuk memberikan celah sirkulasi udara agar panas pada CVT dapat dikurangi. Walaupun bertujuan baik dan lebih manusiawi, ternyata jalanan di Indonesia masih belum cukup bersih karena celah udara tersebut justru jadi membuat CVT cepat kotor, dan kotoran itu lah yang membuat getaran menjadi lebih terasa. Bagaimama cara mengatasinya? Tentu saja dengan membersihkan area dalam CVT dari debu yang menempel.

Pertanyaannya lalu kenapa CVT Vespa yang dirakit di Italia tidak memiliki getaran CVT sebesar Vespa yang dirakit di Vietnam? Nah ini adalah alasan ketiganya. Kualitas material dan juga dimensi dari kampas kopling bawaan Vespa rakitan Vietnam Dan Vespa rakitan Italy tidak sama.

Kesimpulannya, kalau ingin mengurangi getaran CVT pada Vespa matic modern ialah dengan mengganti kampas kopling bawaan dengan kampas kopling type yang diimpor langsung dari Italy, yang paling umum digunakan ialah kampas kopling original Piaggio MP3, atau kampas kopling Malossi. Eits,tidak cukup hanya diganti, Selain itu juga perlu until rajin bersihkan CVT Vespa Kita.

[RSP]

banner asuransi2

Leave a Reply