Sekilas tentang Vespa 946 di Indonesia

Lahirnya Sang legenda, Vespa 946 Ricordo Italiano

Vespa 946 pertama kali diperkenalkan secara resmi di dunia dan juga di Indonesia pada tahun 2013. Menjadi varian tertinggi dan terbatas, Vespa 946 terinspirasi dari prototype MP6 di tahun 1946 dan versi massal dari Quarantasei. Harga yang dipatok mencapai Rp 146 juta (OTR Jakarta) dan hanya tersedia 51 unit komersial, dan 1 unit homologasi sehingga total unit Vespa 946 RI ini di Indonesia sejumlah 52 unit, persisnya 38 unit warna putih dan 14 unit warna hitam.

Desain 946 khas Vespa yang abadi, detail dikerjakan bak karya seni tinggi, 946 dikerjakan handmade, contoh handgrip yang dijahit pakai tangan. Kendati berdesain klasik, 946 dibekali berbagai fitur modern. Lihat saja semua lampu pakai LED, panel indikator digital, rem cakram dengan ABS dan traction control ASR lalu mesin dengan pasokan bensin injeksi.

Mesin yang diusung cuma 125 cc 3 klep berpendingin udara, dengan tenaga 11,4 dk/8.250 rpm dan torsi 10,7 Nm/6.500 rpm. Mirip yang dipakai Vespa LX 150ie 3V tapi kapasitas lebih kecil.

Vespa 946 Bellissima

Setiap tahun, Piaggio Group meluncurkan koleksi tahunan eksklusif yang selalu dinanti, Vespa 946.  Tahun 2014 disambut dengan dengan Vespa 946 Bellissima, dimana hanya beredar 51 unit tipe Vespa 946 Bellissima di Indonesia. Kedatangan skuter muktahir ini dirayakan pada Oktober 9, 2014 pada sebuah acara peluncuran di Gaia Restaurant, The Plaza.

“Di antara para pencinta skuter premium asal Italia ini, Vespa 946 Bellissima merupakan skuter muktahir yang mempertemukan dua aspek, seni dan fungsi. “Vespa 946 Bellissima mewakili keterampilan terbaik dari Italia,” ujar Marco Noto La Diega, Managing Director PT. Piaggio Indonesia, selaku APM Piaggio Vespa di Indonesia. “Setiap proses dilakukan secara handmade, dari press shop ke penyelesaian halus dan dari jahitan pertama di stang hingga polesan terakhir,” tambahnya.

“Desain yang inovatif, perakitan rangka baja hingga 320 welding point, kayanya bahan aluminium yang secara manual dipasangkan ke rangka baja, serta detail setang yang dijahit dengan tangan menjadikan tipe 946 sebagai perhiasan yang tak lekang oleh waktu. Hal itu juga membuat Vespa 946 Bellissima sebagai objek dambaan,” tambahnya.

Tahun ini, koleksi Vespa 946 Bellissima diwarnai dengan desain baru untuk sadel, rak penyimpanan di belakang, setang, dan pelek ban. Vespa 946 Bellissima hadir dalam varian warna abu-abu metalik dan biru metalik.”

Vespa 946 Bellissima. Evolusi yang Berlanjut

Terpasang pada rangka aluminium, Vespa 946 Bellissima semakin menonjol berkat sadel tunggal yang unik, tetapi juga memberikan pilihan kepada sang pemilik untuk membonceng penumpang dengan memasang sadel sekunder, yang juga terbuat dari bahan kualitas premium yang sama dan sangat kompatibel dengan desain 946. Elemen desain lainnya adalah rak belakang yang berlapis khrom, khusus didesain agar selaras dengan aksesoris lainnya sehingga menjadikan Vespa 946 Bellissima semakin berkarakter, serta pelek ban terpisah berdiameter 12” yang eksklusif.

walaupun semua unit 946 Bellissima diproduksi di Italia, ada perbedaan mesin yang disematkan untuk unit yang ditujukan untuk dijual di kawasan Asia. Spesifikasi teknis Vespa 946 Bellissima juga merupakan yang terdepan dengan mesin 150cc 3V, menjadikannya kendaraan dengan performa dan efisiensi terbaik di kelasnya. Injeksi elektronik, distribusi tiga katup, getaran yang berkurang dan pengembangan fluid dynamics secara signifikan berhasil mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Mesin kendaraan ini turut dilengkapi dengan sistem pengereman ABS & ASR, lampu “full LED” berdaya tinggi yang menawarkan tingkat keselamatan tertinggi untuk berkendara di perkotaan. Perbedaan dengan unit yang ditujukan untuk dijual di kawasan lain bermesin 125cc 3V.

“Vespa 946 Bellissima sangat cocok untuk mereka yang berani, percaya diri dan memiliki tekad kuat. Tipe ini dijual seharga Rp170.000.000 (on the road Jakarta).”

Vespa 946 Emporio Armani

Vespa 946 Emporio Armani bukan sembarang Vespa hasil rumah produksi Piaggio di Italia. Dia adalah kelanjutan dari Vespa 946 Ricardo Italiano yang di Indonesia diluncurkan pada 2013 dan Vespa 946 Bellisima, setahun kemudian.

Melihat kalangan undangan yang hadir, jelas Vespa 946 Emporio Armani bukan untuk konsumen biasa. Walau tidak terang-terangan, namun harga Vespa 946 Emporio Armani yang ditenagai mesin CVT berkapasitas 155 cc dengan daya maksimal di kisaran 12,8 hp itu “hanya” Rp196 juta perunit.

“Yang istimewa pada Vespa 946 Emporio Armani adalah juga karena ini ulang tahun ke-130 bagi Piaggio dan 40 tahun bagi Emporio Armani. Keduanya adalah ikon Italia,” kata Marco.

Mode dunia dan gaya hidup diberi warna tersendiri dari Emporio Armani yang juga terlanjur menjadi ikon bisnis di bidang ini secara khusus.

Di poros utama tempat jok itu menempel, ada lambang Emporio Armani dengan elangnya yang khas. Cukup mencolok mata dan ada pada posisi serasi dalam bulatan poros itu. Tidak cukup sampai di situ, masih ada angka pada tiap poros tersebut yang maknanya adalah, itu merupakan unit produksi ke berapa dari cuma sedikit Vespa 946 Emporio Armani yang dibuat hanya pada 2015 ini. Vespa 946 Emporio Armani memang cuma diproduksi pada 2015.

Logo Emporio Armani juga ada di tudung samping kanan dan kiri bodi belakang, selain tampil di atas batok lampu utama yang menjadi tempat speedometer dan tachometer digital bertengger.

Jumlah Vespa 946 Emporio Armani yang akan didatangkan itu cuma kurang dari 50 unit saja, dan telah habis dipesan bahkan sebelum sosoknya hadir.

Vespa 946 RED, TOGETHER, LET’S #ENDAIDS

Setelah vakum di 2016, Kolaborasi antara Piaggio Group dan (RED)® telah melahirkan (VESPA 946)RED, sebuah Vespa 946 yang didominasi dengan warna merah menyala, didesain untuk membantu program melawan AIDS, tuberculosis dan malaria, dipromosikan oleh organisasi (RED)® yang berdiri pada tahun 2006 oleh Bono dan Bobby Shriver.

Vespa 946 RED ini rencananya akan dibawa ke Indonesia pada semester kedua 2017.

Sumber: berbagai sumber

[RSP]

banner asuransi2

Tags: , , ,

Leave a Reply